Kamis, 07 Februari 2013

BUKAN MENGELUH, HANYA SHARING...

Ada yang semakin berbeda pada organ tubuhku. Bila tubuhku kelelahan, organ tersebut memberikan sinyal yang membuatku berpikir bahwa hidupku tak akan lama lagi. Saya sadar, saya sakit. Saya tahu, saya punya penyakit. Adalah hal yang wajar bila kemudian saya berusaha mengatasi sakit dan penyakit itu sejak sekarang. Mungkin, salah, ketika saya tidak segera memeriksakan kondisi ini kepada yang lebih berkompeten mengatasinya. Mungkin salah, bila saya langsung mengambil jalan pengobatan alternatif dalam mengatasi sakit ini. Tapi namanya usaha, mudah-mudahan berhasil. Aamin.

Pengalaman operasi pengangkatan tumor payudara tahun 2008 lalu, membuatku memilih jalan pengobatan herbal saat rasa sakit itu kembali terasa. Senit-senit. Sesekali. Tapi bisa bertambah intensitas sakitnya bila kondisi tubuh sedang lelah. Barangkali, saya bisa abaikan rasa lelah itu. Tapi, rasa sakit tak bisa kompromi. 

Tadi rapat guru SD-SMP Satap. Ada kalimat menarik yang saya garisbawahi dari uraian yang disampaikan oleh Bapak Kepala Sekolah yang baru (Bapak Sutar). Intinya, jadi orang itu "mbokyao" tahu diri. Tahu diri di sini berarti, janganlah menuntut mutu yang baik ketika belum melakukan kerja keras yang maksimal,  yang memadai untuk tercapainya mutu yang baik tersebut.

Bila dihubungkan dengan penyakit yang sedang saya derita ini, maka saya juga harus tahu diri. Menyadari bahwa tubuh saya bukanlah mesin. Dan memberinya waktu untuk beristirahat. Bukankah, katanya, saat beristirahat itu, sel-sel tubuh yang rusak akan diperbaiki? Nah... 

Teruslah berusaha. Saya yakin, Alloh akan memberikanku pertolongan. Mengijinkanku merasakan umur panjang. Memberikanku kekuatan untuk dapat lebih bermanfaat bagi umat dan sesama. Aamiin

Tidak ada komentar: