Kamis, 07 Februari 2013

MENULISLAH....

Wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad saw berisi pesan bagi kita untuk membaca. Membaca apapun. Makna yang tersirat, bila ada perintah untuk membaca, pastilah ada yang dibaca. Bila ada yang dibaca, maka pasti ada yang membuat "sesuatu yang bisa dibaca tersebut"

Alloh swt menggelar alam raya ini sebagai bentuk "tulisan-Nya". Tulisan yang harus kita baca, kita telaah, kita fikirkan, kita renungkan. Meneladani ke-Maha Karya-an Sang Illahi, maka membuat sesuatu yang bisa dibaca pasti juga hal yang sangat bernilai penting. Bila boleh saya menamakan, sesuatu yang bisa dibaca itu, kita namakanlah sebagai "tulisan". Akankah ada tulisan tanpa ada yang menuliskannya?

Maka, menulislah. Apapun itu, kapanpun itu, bagaimanapun itu. Teman saya yang penulis menyatakan bahwa menulis tidak harus sekaligus bagus. Menulis adalah salah satu proses agar otak kita senantiasa awet muda. Otak kita dirangsang untuk bekerja. Dan terlebih, dengan menulis, maka keberadaan kita akan terus ada. Bila tak percaya, kau bisa mencobanya.

Ayo, terus menulis. Agar orang lain tahu apa yang kita pikirkan. Agar otak kita tidak "jundel". Agar daya analisis kita terasah. Agar bisa memberikan manfaat lebih banyak untuk orang lain. Agar, keberadaan kita tetap ada, meskipun kita telah tiada. Selamat berkarya!

"Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia"

Tidak ada komentar: