Jumat, 25 September 2015

Refleksi PLPG

 PLPG Guru PAI Tahap IV telah berlalu. Menyisakan berjuta kenangan yang pasti tak akan mudah terhapuskan. Ada teman baru. Saudara baru. Keluarga baru. Inspirasi, semangat, motivasi. Subhanalloh!

Aku sangat bersyukur dipertemukan dengan kegiatan PLPG ini. Wawasanku tercerahkan. Informasiku bertambah. Dan satu hal. Bahwa untuk mengaktualisasikan diri, kita perlu ruang dan suasana baru yang bebas dari penilaian subjektif sebelumnya. Setidaknya itu yang aku rasakan dalam PLPG kemarin.

Aku merasa, bisa total mewujudkan diriku yang sebenarnya. Inilah aku. Tanpa perlu merasa malu atau takut. Bila ada kesalahan, sungguh itu adalah hal yang sangat manusiawi. Bila ada kelebihan, itu tak lepas karena karunia Allah semata. Alhamdulillah, sekali lagi, ucap syukurku yang tak terhingga hanya kepada Allah SWT.

PLPG telah berakhir. Tapi bukan berarti, semangat berkreasi telah pula padam. Justru, ini adalah awal dan babak baru pembuktian. Perwujudan. Berhasilkah dalam sepuluh hari kemarin? Ataukah kegagalan dan kembali pada hal-hal tidak bermutu yang akan aku jalani?


Tentu saja, aku memilih untuk membuktikan bahwa PLPG sepuluh hari kemarin, membuahkan hasil. Aku akan terus berkreasi. Meneruskan semangat dan kreatifitas mendidik putra-putri bangsa. Membangun jiwa. Membangun negeri. Bismillaah. Laa haula wa laa quwwata illaa billaah.......

Tidak ada komentar: