Senin, 17 November 2008

HARGAILAH ORANG LAIN .....

Hargailah orang lain, maka engkau akan dihargai.
Demikian ungkapan salah seorang guru.

Beliau bercerita banyak tentang kondisi kantor dimana beliau bekerja. Bagaimana sebuah sikap arogansi menjadi hal yang sangat memuakkan. Hingga akhirnya, kesabaran sang guru pun habis.

Persisnya peristiwa, saya tidak bisa menceritakan bagaimana. Hanya kalau menyimak ceritanya, tergambar dalam benak saya, alur cerita seperti ini: Sang guru sedang sibuk dengan pekerjaannya sendiri, ketika teman kerjanya (kebetulan dengan usia yang jauh di atasnya), menyodorkan sebuah pekerjaan.

Tentu saja, pekerjaan yang disodorkan itu tak bisa lekas dikerjakan.

Sang teman marah. Menganggap bahwa sang guru 'sok sibuk' lah, 'sok pintar' lah, dan 'sok-sok' yang lain.

Uhhh...greget saya menyimaknya.

Beruntunglah, sang guru mengambil sikap dengan 'menasehati' sang teman. Sehingga, arogansi di kantornya bisa dihentikan.

Bila saya dalam posisi sang guru, barangkali saya hanya akan diam, sekedar menggerutu di dalam hati. Maka akibatnya adalah, 'penindasan' akan terus-menerus terjadi.

Mencuplik istilah Andrea Hirata dalam tetralogi Laskar Pelangi-nya, pelajaran moral yang dapat saya petik dari cerita sang guru tersebut, sedikitnya ada tiga:

1. Kemungkaran, sekecil apapun, haruslah dihentikan.
2. Yang tua tak harus lebih dewasa. Sebab, menjadi tua itu pasti, tapi menjadi dewasa itu pilihan.
3. Kalau mau membebankan pekerjaan pada seseorang, lihat0lihat situasi dan kondisi, donk...... :-)

So?

Hargailah orang lain, maka dirimu juga akan dihargai.

Tidak ada komentar: